Selasa, 04 Juni 2013

Studi Kelayakan Bisnis



BAB I
PENDAHULUAN

A.    Dasar Gagasan Membuka Suatu Bisnis
Di jaman yang semakin sulit seperti ini kita tetentunya tau betapa banyak nya pengangguran di sekitar kita yang tentunya hal tersebut merupakan dampak kurang nya lapangan pekerjaan dan hal tersebut tentunya akan memicu naiknya angka kemiskinan di Indonesia dan dapat memicu naiknya kriminalitas.
Dengan berwirausaha kita dapat mengurangi jumlah pengangguran. Selain itu juga dapat memberi keuntungan dalam segi ekonomi. Rumah makan merupakan bisnis usaha yang menjanjikan. Bisnis usaha seperti ini bila dikembangkan dengan teknik dan pendekatan pasar yang benar akan mendatangkan keuntungan yang besar bagi pemiliknya, oleh sebab itu tidak sedikit para pengusaha yang melirik bisnis ini.

B.     Nama Dan Alamat Perusahaan
Perusahaan ini bermana Rumah Makan “ANAK KOS” yang bertempat di Jln.H.E.A.Mokodompit, depan Kampus Baru UNHALU

C.    Bidang Usaha
Usaha ini bergerak dibidang Kuliner

D.    Bentuk Perusahaan
Perusahaan ini adalah perusahaan keluarga yang berbentuk usaha mikro yang menjajakan makanan dan miniman yang terjangkau untuk anak kos








BAB II

A.    Proyek Yang Diusulkan
a.       Sifat Infestasi
Perusahaan ini akan mencoba bekerja sama dengan perusahaan minuman kemasan sebagai bentuk kerja sama yang saling menguntungkan.
b.      Jenis Produk
Jenis produk yang ditawarkan adalah makanan dan minuman

B.     Aspek Teknik
a.       Sifat Produk
Produk yang ditawarkan bersifat barang konsumsi primer (makanan dan minuman)
b.      Jenis dan jumlah produksi
Jenis produk di sesuaikan dengan menu yang di sediakan antara lain :
Makanan
Minuman
§  Nasi ikan
§  Nasi ayam
§  Nasi campur
§  Nasi kuning
§  Mie pangsit
§  Minuman kemasan
§  Jus orange
§  Es teller
§  Es pisang ijo
§  Es kelapa muda
§  Es the manis
Sedangkan jumlah produksi di buat persediaan awal sekitar 20 porsi dan dapat bertambah di sesuaikan dengan jumlah pesanan.
c.       Lokasi
Adapun lokasi yang di pilih yaitu di depan gerbang dua kampus baru yang merupakan pusat keluar masuk trasportasi dan juga dekat dengan beberapa sarana lain seperti warnet, foto copy, mini market dan lain – lain yang tentunya menunjan besarnya peluang pasar bagi perusahaan ini.


d.      Bangunan








 








                Meja kerja  (kompor dll)
                Lemari Piring
                Kulkas
                Meja kasir
                Meja makan pelanggan
                Kursi
                Pintu



e.       Mesin dan Peralatan
Mesin dan peralatan yang digunakan adalah perangkat alat dapur seperti kompor gas, tabung gas, wajan, panci dll. Untuk fasilitas tambahan antara lain kulkas, kipas angin gantung, telpon dan tv.

f.       Layout Proses








 











                                                                                   

g.      Rounded Rectangle: Koki 1
Mengelolah bahan baku masakan menjadi bahan jadi (masakan)

Rounded Rectangle: Koki 2
Mengelolah bahan baku masakan (bahan mentah) agar menjadi bahan siap masak.

Proses Produksi








Rounded Rectangle: Pelayan
mengantar masakan ke pemesan





 



h.      Kapasitas Produksi
Kapasitas produksi di sesuaikan dengan besarnya pesanan pelanggan
i.        Beban dan pemotongan
Beban Gaji Karyawan
Rp / bulan
Koki 1
1.500.000
Koki 2
1.500.000
Pelayan 1
900.000
Pelayan 2
900.000
Pelayan 3
900.000
Pelayan 4
900.000
Catatan : Gaji akan meningkat bedasarkan kinerja dan lama berkerja
Beban fasilitas
Rp / Bulan
Listrik
Biaya disesuaikan pada pemakaian
Air
Telpon

j.        Usaha ini merupakan usaha menangah jadi tenaga kerja yang dibutuhkan juga tidak banyak. Adapun tenaga kerja yang dibutuhkan adalah:
JABATAN
TUGAS
Koki 1
Membuat dan menyiapkan masakan
Koki 2
Membuat bahan masakan dan bumbu
Pelayan 1
Membantu menyiapkan dan mengantar pesanan
Pelayan 2
Menjaga kasir dan menanyakan pesanan
Pelayan 3
Mencuci piring dan menjaga kebersihan
Pelayan 4
Membeli bahan baku dan mengantar pesanan
C.    Aspek Pemasaran
a.       Peluang Pasar
Dengan memanfaatkan kondisi sekitar perusahaan yang ramai hal ini akan mempermudah menarik pelanggan. Selain itu rumah makan ini menyediakan layanan pesan anatar tampa potongan harga. Dengan harga yang terjangkau kami yakin dapat memperoleh pelanggan dengan cepat.
b.      Daerah Pemasaran
Daerah pemasaran yaitu hanya sekitar wilayah kampus, dikarenakan agar Rumah makan kami mudah dijangkau.
c.       Pasar Sasaran
Mahasiswa dan penduduk sekitar kampus baru UNHALU
d.      Volume dan Harga
Menu
Harga / Porsi
§  Nasi ikan
§  Nasi ayam
§  Nasi campur
§  Nasi kuning
§  Mie pangsit
§  Minuman kemasan
§  Jus orange
§  Es teller
§  Es pisang ijo
§  Es kelapa muda
§  Es the manis
Rp. 6000
Rp. 10.000
Rp. 10.000
Rp. 6000
Rp. 8000
Rp. 1000 s/d 5000
Rp. 4000
Rp. 5000
Rp. 5000
Rp. 5000
Rp. 3000
Catatan : Harga disesuaikan dengan harga bahan baku
e.       Masa Hidup Produk
Karena produk kami masakan maka masa hidup produk hanya sekitar setengah hari.
f.       Persaingan dan Strategi Bersaing
Persaingan dalam bisnis adalah hal utama untuk dihadapi. Adapun strategi pemasaran kami yaitu dengan selain harga produk kami terjangkau, kami juga senantiasa harus menjaga kebersihan lingkungan rumah makan kami agar pelanggan menjadi nyaman dan juga kami melakukan pelayanan pesan antar secara free.




D.    Aspek Manajemen
a.       Aspek Kepemilikan
Usaha ini merupakan usaha yang di kelola oleh keluarga.
b.      Sturuktur Organisasi



 









E.     Aspek Keuangan
a.       Kebutuhan Dana
Tanah dan Bagunan
Rp. 800.000.000
Bahan Masakan
Rp. 200.000 s/d Rp. 500.000 / hari
b.      Sumber Dana
Tabungan Keluarga
c.       Prediksi Pendapatan
Pendapatan yang dapat diperoleh dari uasaha ini diperkirakan sekitar Rp. 50.000.000 /bulan
d.       Prediksi Biaya
Biaya yang akan dikeluarkan diperkirakan sekitar Rp. 15.000.000




















BAB III
PENUTUP

A.    Kesimpulan
Dengan memperhatikan kebersihan tempat usaha dan selalu menjaga kenyamanan pelanggan kami yakin dapat menarik pelanggan dan meningkatkan usaha ini. Hal tersebut ditunjang dengan aspek pasar yang mempunyai posisi tempat yang strategis dan mudah dijangkau. Apa lagi kami mempunyai beberapa strategi bersaing yang baik tentunya akan berdampak baik juga bagi usaha yang kami kembangkan.
B.     Saran
Karena usaha ini menjual makanan maka kebersihannya lebih di jaga dan di perhatikan agar dapat menarik minat pembeli.
Sebaiknya dilakukan promosi yang lebih efektif mengingat rumah makan ini masih baru, agar lebih dikenal masyarakat dan untuk mencapai proyeksi yang sudah direncanakan.
Pelayan yang ramah dan cepat merupakan salah satu cara untuk menarik pembeli, hal ini sebaiknya diterapkan oleh pihak rumah makan manapun.











Tidak ada komentar:

Posting Komentar