BAB I
PENDAHULUAN
A.
Dasar Gagasan
Membuka Suatu Bisnis
Di
jaman yang semakin sulit seperti ini kita tetentunya tau betapa banyak nya
pengangguran di sekitar kita yang tentunya hal tersebut merupakan dampak kurang
nya lapangan pekerjaan dan hal tersebut tentunya akan memicu naiknya angka
kemiskinan di Indonesia dan dapat memicu naiknya kriminalitas.
Dengan berwirausaha kita dapat
mengurangi jumlah pengangguran. Selain itu juga dapat memberi keuntungan dalam
segi ekonomi. Rumah makan merupakan bisnis usaha yang menjanjikan.
Bisnis usaha seperti ini
bila dikembangkan dengan teknik dan pendekatan pasar yang benar akan
mendatangkan keuntungan yang besar bagi pemiliknya, oleh sebab itu tidak
sedikit para pengusaha yang melirik bisnis ini.
B.
Nama Dan Alamat Perusahaan
Perusahaan ini bermana Rumah
Makan “ANAK KOS” yang bertempat di Jln.H.E.A.Mokodompit, depan Kampus Baru
UNHALU
C.
Bidang Usaha
Usaha ini bergerak dibidang
Kuliner
D.
Bentuk Perusahaan
Perusahaan ini adalah perusahaan
keluarga yang berbentuk usaha mikro yang menjajakan makanan dan miniman yang
terjangkau untuk anak kos
BAB II
A.
Proyek Yang Diusulkan
a.
Sifat Infestasi
Perusahaan ini akan mencoba bekerja sama dengan perusahaan
minuman kemasan sebagai bentuk kerja sama yang saling menguntungkan.
b.
Jenis Produk
Jenis produk yang ditawarkan adalah makanan dan minuman
B.
Aspek Teknik
a.
Sifat Produk
Produk yang ditawarkan bersifat barang konsumsi primer
(makanan dan minuman)
b.
Jenis dan jumlah
produksi
Jenis produk di sesuaikan dengan menu yang di sediakan
antara lain :
Makanan
|
Minuman
|
§
Nasi ikan
§
Nasi ayam
§
Nasi campur
§
Nasi kuning
§
Mie pangsit
|
§
Minuman kemasan
§
Jus orange
§
Es teller
§
Es pisang ijo
§
Es kelapa muda
§
Es the manis
|
Sedangkan jumlah produksi di buat persediaan awal sekitar 20
porsi dan dapat bertambah di sesuaikan dengan jumlah pesanan.
c.
Lokasi
Adapun lokasi yang di pilih yaitu di depan gerbang dua
kampus baru yang merupakan pusat keluar masuk trasportasi dan juga dekat dengan
beberapa sarana lain seperti warnet, foto copy, mini market dan lain – lain
yang tentunya menunjan besarnya peluang pasar bagi perusahaan ini.
d.
Bangunan
Meja
kerja (kompor dll)
Lemari Piring
Kulkas
Meja
kasir
Meja
makan pelanggan
Kursi
Pintu
e.
Mesin dan Peralatan
Mesin dan peralatan yang digunakan adalah perangkat alat
dapur seperti kompor gas, tabung gas, wajan, panci dll. Untuk fasilitas
tambahan antara lain kulkas, kipas angin gantung, telpon dan tv.
f.
Layout Proses
g.
Proses Produksi
h.
Kapasitas Produksi
Kapasitas produksi di sesuaikan dengan besarnya pesanan
pelanggan
i.
Beban dan
pemotongan
Beban Gaji
Karyawan
|
Rp / bulan
|
Koki 1
|
1.500.000
|
Koki 2
|
1.500.000
|
Pelayan 1
|
900.000
|
Pelayan 2
|
900.000
|
Pelayan 3
|
900.000
|
Pelayan 4
|
900.000
|
Catatan : Gaji akan meningkat bedasarkan kinerja dan lama
berkerja
Beban fasilitas
|
Rp / Bulan
|
Listrik
|
Biaya disesuaikan
pada pemakaian
|
Air
|
|
Telpon
|
j.
Usaha ini merupakan
usaha menangah jadi tenaga kerja yang dibutuhkan juga tidak banyak. Adapun
tenaga kerja yang dibutuhkan adalah:
JABATAN
|
TUGAS
|
Koki 1
|
Membuat dan menyiapkan masakan
|
Koki 2
|
Membuat bahan masakan dan bumbu
|
Pelayan 1
|
Membantu menyiapkan dan mengantar pesanan
|
Pelayan 2
|
Menjaga kasir dan menanyakan pesanan
|
Pelayan 3
|
Mencuci piring dan menjaga kebersihan
|
Pelayan 4
|
Membeli bahan baku dan mengantar pesanan
|
C.
Aspek Pemasaran
a.
Peluang Pasar
Dengan memanfaatkan kondisi sekitar perusahaan yang ramai
hal ini akan mempermudah menarik pelanggan. Selain itu rumah makan ini
menyediakan layanan pesan anatar tampa potongan harga. Dengan harga yang
terjangkau kami yakin dapat memperoleh pelanggan dengan cepat.
b.
Daerah Pemasaran
Daerah pemasaran yaitu hanya sekitar wilayah kampus,
dikarenakan agar Rumah makan kami mudah dijangkau.
c.
Pasar Sasaran
Mahasiswa dan penduduk sekitar kampus baru UNHALU
d.
Volume dan Harga
Menu
|
Harga / Porsi
|
§
Nasi ikan
§
Nasi ayam
§
Nasi campur
§
Nasi kuning
§
Mie pangsit
§
Minuman kemasan
§
Jus orange
§
Es teller
§
Es pisang ijo
§
Es kelapa muda
§
Es the manis
|
Rp. 6000
Rp. 10.000
Rp. 10.000
Rp. 6000
Rp. 8000
Rp. 1000 s/d 5000
Rp. 4000
Rp. 5000
Rp. 5000
Rp. 5000
Rp. 3000
|
Catatan
: Harga disesuaikan dengan harga bahan baku
e.
Masa Hidup Produk
Karena produk kami masakan maka masa hidup produk hanya
sekitar setengah hari.
f.
Persaingan dan
Strategi Bersaing
Persaingan dalam bisnis adalah hal utama untuk dihadapi.
Adapun strategi pemasaran kami yaitu dengan selain harga produk kami
terjangkau, kami juga senantiasa harus menjaga kebersihan lingkungan rumah
makan kami agar pelanggan menjadi nyaman dan juga kami melakukan pelayanan
pesan antar secara free.
D.
Aspek Manajemen
a.
Aspek Kepemilikan
Usaha ini merupakan usaha yang di kelola oleh keluarga.
b.
Sturuktur
Organisasi
E.
Aspek Keuangan
a.
Kebutuhan Dana
Tanah dan Bagunan
|
Rp. 800.000.000
|
Bahan Masakan
|
Rp. 200.000 s/d Rp. 500.000 / hari
|
b.
Sumber Dana
Tabungan Keluarga
c.
Prediksi Pendapatan
Pendapatan yang dapat diperoleh dari uasaha ini diperkirakan
sekitar Rp. 50.000.000 /bulan
d.
Prediksi Biaya
Biaya yang akan dikeluarkan diperkirakan sekitar Rp. 15.000.000
BAB III
PENUTUP
A.
Kesimpulan
Dengan
memperhatikan kebersihan tempat usaha dan selalu menjaga kenyamanan pelanggan
kami yakin dapat menarik pelanggan dan meningkatkan usaha ini. Hal tersebut
ditunjang dengan aspek pasar yang mempunyai posisi tempat yang strategis dan
mudah dijangkau. Apa lagi kami mempunyai beberapa strategi bersaing yang baik
tentunya akan berdampak baik juga bagi usaha yang kami kembangkan.
B.
Saran
Karena
usaha ini menjual makanan maka kebersihannya lebih di jaga dan di perhatikan
agar dapat menarik minat pembeli.
Sebaiknya
dilakukan promosi yang lebih efektif mengingat rumah makan ini masih baru, agar
lebih dikenal masyarakat dan untuk mencapai proyeksi yang sudah direncanakan.
Pelayan yang
ramah dan cepat merupakan salah satu cara untuk menarik pembeli, hal ini
sebaiknya diterapkan oleh pihak rumah makan manapun.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar